catatan ini dapet dari dosen saya..

Anggun Nugroho …. ijin ya pakterimakasih

 

 

WiMax vs Wibro

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia wireless kita selalu  dikejutkan dengan munculnya teknologi baru, yang semakin hari semakin ingin berlomba-lomba untuk melahirkan teknologi yang mutakhir, efisien dan multi-guna. Dikarenakan internet merupakan salah satu sumber daya informasi yang sudah bukan lagi menjadi kepentingan tetapi kebutuhain.Pada internet  terdapat berbagai informasi mulai dari statis,dinamis dan interaktif.Oleh sebab itu para pakar technology melahirkan beberapa teknologi internet, mulai dari penggunaan internet dengan menggunakan line telepon (seperti, ASDL, ISDN) dan kabel (Internet melalui TV Kabel atau jaringan PLN misalnya), 3G, yang lagi marak di bincangkan layanan internet saat ini yaitu  wifi (Wireless Fidelity), WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan Wibro(Wireless Broadband).

 

Mengapa teknologi wifi, wimax, dan wibro lebih marak di perbincangkan  dengan alasan instalasi mudah, cepat dan tidak mengganggu keindahan karena tidak menggunakan kabel berseliweran dan perangkat access point dapat disembunyikan.Tapi didalam jurnal ini penulis tidak membahas tentang wifi dikarenakan wifi masih memiliki keterbatasan di bandingkan wimax dan wibro.

 

Teknologi wimax dan wibro dinilai sangat pas dengan kondisi Indonesia yang berpulau-pulau. Sehingga WiMAX dinilai bisa menggusur teknologi 3G yang digarap operator saat ini. Teknologi WiMAX punya kemampuan membawa bandwidth lebih besar, jarak lebih jauh dan biaya yang lebih efisien. Teknologi wibro juga tidak kalah hebatnya dibandingkan WiMAX,teknologi Wibro juga memiliki kemampuan seperti WiMAX malahan lebih dari itu , Wibro juga diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA sedangkan HSDPA itu merupakan Evolusi WCDMA dari Ericsson dimana teknologi ini merupakan protokol tambahan pada sistem WCDMA (Wideband CDMA) yang mampu mentransmisikan data berkecepatan tinggi.

Kita akan membahas mengenai apa itu Wimax, Wibro, manfaat, keuntungan, kekurangan, perkembangan kedua teknologi tersebut, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari perbedaan teknologi tersebut.

 

Wireless

Wireless adalah teknologi pada sistem jaringan computer yang sangat praktis dan flexible untuk menghubungkan antar computer secara local maupun terkoneksi dengan internet.Selain itu penggunaan teknologi ini akan memberikan kemudahan kepada setiap pengguna computer tanpa harus memakai kabel untuk terhubung dengan LAN maupun internet selama area tersebut masih dalam jangkauan frekuensi.

A. Pengertian WIMAX

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan standar interoperabilitas implementasi dari jaringan wireless IEEE 802.16.WIMAX juga merupakan  teknologi akses nirkabel pita lebar (BWA  (broadband wireless access)) memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan luas,Wimax adalah evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping mampu memberikan kecepatan data yang tinggi, WiMAX juga  tergolong teknologi dengan open standar.WIMAX  dapat mentransmisikan data 70 Mbps, dengan jarak 70 mil, pada kecepetan lebih dari 70 mph. WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.

 

 

Orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM)

Orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) adalah teknik transmisi yang menggunakan beberapa buah frekuensi yang saling tegak lurus orthogonal.OFDM telah dipatenkan di Amerika sejak tahun 1970-an.Pengaplikasian teknologi OFDM terdapat pada komunikasi wireless.

OFDM juga merupakan teknik modulasi multicarrier dimana antar subcarriernya satu dengan yang lain saling orthogonal. Karena sifat orthogonal ini maka antar subcarrier yang berdekatan bisa dibuat overlapping tanpa menimbulkan efek intercarrier interference (ICI). Hal ini akan membuat sistem OFDM mempunyai spektrum yang lebih tinggi.

Orthogonal frequency-division multiplexing Acces (OFDMA)

OFDMA adalah teknologi yang berbasis frekuensi division multiplexing atau OFDM yang telah lama digunakan pada ADSL dan beberapa sistem transmisi digital berkecepatan tinggi yang lain.

 

BWA (Broadband Wireless Access)

BWA (Broadband Wireless Access) merupakan teknologi akses yang dapat menawarkan akses data/internet berkecepatan tinggi dan berkemampuan menyediakan layanan kapan dan dimanapun (anytime anywhere) dengan menggunakan media nirkabel.

 

Time Division Duplex atau TDD

TDD adalah aplikasi dari time – division multiplexing untuk memisahkan signal yang keluar dan signal yang kembali. metode ini mampu mengemulasikan komunikasi full duplex (dua arah secara bersamaan, contoh : telepon rumah), melalui sebuah sambungan komunikasi half duplex (dua arah secara bergantian, contoh : walkie talkie).

TDD lebih unggul jika kecepatan data uplink dan downlink tidak konstan, dengan kata lain TDD lebih efisien dalam menanggulangi muatan/kecepatan data yang berubah – rubah.

              DSL (Digital Subscriber Line)

DSL adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat.

QoS

QoS adalah teknologi yang memungkinkan administrasi jaringan dapat menangani berbagai efek akibat terjadinya konjesti pada lalu lintas aliran paket dari berbagai layanan, yang bertujuan menyediakan kualiatas layanan yang berbeda-beda untuk berbagai kebutuhan  akan layanan di dalam jaringan IP.

 

B. Pengertian WIBRO

WiBro (Wireless Broadband) yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang layanan standar internet nirkabel lainnya.Wibro dapat diakses sampai jarak 1 -5 kilometer dari stasiun pemancarnya.

WiBro juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute. Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

 

C. Kelebihan WIMAX

Dengan menggunakan WiMAX kita bisa berinternet ria seperti kita sedang menggunakan ponsel. Di mana saja di setiap sudut kota, kapan saja, asalkan ada sinyal kita bisa berinternet (everytime,everywhere).  Tapi, Banyak yang belum tahu apa itu sebenarnya WiMAX. Nama resmi WiMAX sendiri sebetulnya WirelessMAN.

WiMAX sebenarnya bukan sebuah teknologi, tapi lebih kepada sebuah bentuk penyesuaian atau tanda persetujuan dan tes interoperability sebagai anggota dari standar IEEE 802.16. IEEE 802.16 merupakan sebuah badan kerja yang menetapkan standar teknologi Broadband Wireless Access, agar dapat diterapkan dan aman bagi lingkungan.

WiMAX menerapkan sistem algorithma penjadwalan pada MAC-nya. Sistem ini mampu menjaga konsistensi hubungan dengan terminal selama dibutuhkan.
Pada awalnya standar WiMAX berada pada rentang frekuensi 10 sampai 66 GHz. (802.16a), tapi terus diperbaharui.

  1. Tahun 2004 menjadi 802.16-2004 dikenal juga dengan 802.16d yang memiliki rentang frekuensi 2 sampai 11 GHz. Spesifikasi ini dikenal juga dengan nama fixed WiMax.
  2.  Tahun 2005 diperbaharui lagi menjadi 802.16e dikenal dengan mobile WiMax dan menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) yang digunakan untuk mendukung mobilitas (Handover, roaming) pada system selular sampai 120 km/jam dan bekerja dalam NLOS. Digunakan untuk aplikasi mobile access.

 

Penggunaan OFDM yang baru ini memberikan keuntungan dalam hal cakupan, instalasi, konsumsi daya, penggunaan frekuensi dan efisiensi pita frekuensi. WiMax yang menggunakan standar 802.16e memiliki kemampuan hand over atau hand off, sebagaimana layaknya pada komunikasi selular.

Banyak sekali manfaat yang dibawa oleh WiMAX bagi kita, khususnya dalam dunia telekomunikasi. Hal ini semakin kuat setelah pengelolaan teknologi WiMAX dipegang oleh operator seluler, mengingat standar 802.16e dapat diterapkan pada perangkat bergerak seperti Handphone dan memiliki jangkauan yang luas.

Jangkauan maksimal WiMAX mencapai 50 km dan mampu mengantarkan data dengan transfer rate tinggi meski dalam jarak yang jauh. Teknologi WiMAX dapat melayani para pengguna, baik yang berada dalam posisi Line Of Sight (posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi saling berdekatan dan bebas dari penghalang apa pun) dengan BTS maupun saat posisi parangkat lain saling berjauhan. Jadi di mana pun para penggunanya berada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS, mereka masih dapat menikmati koneksi.

Dengan range frekuensi yang cukup lebar, teknologi WiMAX dapat melayani pengguna perangkat bergerak (mobile) maupun fixed (tetap). Tak masalah meski kita berpindah-pindah tempat atau berada dalam sebuah bangunan. Selain itu, dukungan sistem MAC-nya memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi berupa video dan suara.

Dengan kefleksibilitasan WIMAX maka dari itu diaplikasikan menjadi Last mile broadband connections  karena  langsung berhubungan dengan pengguna atau end user, tidak itu saja WIMAX juga di aplikasikan sebagai backhaul yaitu bandwith tinggi dan yang terakhir high speed enterprise merupakan kecepatan mentransmisikan data.

WiMAX berperan sebagai:

  • Menghubungkan hotspot-hotspot Wi-Fi antar satu dengan yang lain, dan menghubungkannya dengan bagian (jaringan) lain dari Internet.
  • Menyediakan alternatif jaringan wireless untuk akses broadband jarak jauh selain kabel dan DSL.
  • Pengganti kabel coaxial pada line telepon diperusahaan maupun personal.
  • Pengganti kabel dalam menangkap siaran televisi melalui satelit ataupun dalam terrestrial.
  • Mendukung layanan mobile data berkecepatan tinggi dan layanan telekomunikasi

gambar 1

 

 

Figure 1: cisco.net

kesuksesan WiMAX sangat bergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi karena pada umunya wimax dikenal berbasis pada frekuensi.

Jenis Frekuensi pada WImax terbagi dua:

  1. Licensed Band

Frekuensi Wimax yang membutuhkan lisensi atau otoritas dari regulator, dalam artian operator yang mempunyai hak lisensi diberikan hak eklusif untuk menyelenggarakan layanan dalam coverage area.

  1. Unlicensed Band

Frekuensi WiMAX yang tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaan,dalam artian setiap orang dapat menggunakan frekuensi secara bebas di semua coverage area.

 

 

WiMAX ditetapkan 2 band:

  1. frekuensi utama pada profil sertifikasi

untuk Fixed WiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz).

  1. Mobile WiMAX ditetapkan 4 band frekuensi pada sistem profil

Yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GH.

Secara umum frekuensi Wimax untuk memayoritaskan  Fixed Wimax dengan frekuensi 3,5 GHz sedangkan untuk mobile WiMAX 2,5GHz.

Fixed WiMAX

WiMAX dirancang untuk dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP). Dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user.

gambar 2

 

Figure 2 cisco.net

Mobile WiMAX

Pada mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Sehingga  mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil.

gambar 3

 

Figure 3 cisco.net

Perangkat WiMAX

  • BS di sisi pusat

Merupakan perangkat transceiver (penerima dan pengiriman) yang biasanya dipasang satu lokasi dengan jaringan Internet Protocol (IP).

  • CPE di sisi pelanggan

CPE sering disebut juga sebagai SS(subscriber station)

Masih terdapat perangkat tambahan yaitu antena, kabel dan lainnya. gambar 4

Kegunaan WiMAX:

  • Akses secepat broadband
  • Pembangunan infrastrukturnya jauh lebih cepat dan lebih murah ketimbang akses broadband
  • Area jangkauannya lebih luas ketimbang  akses broadband lainnya dikarenkan WiMAX dapat mengisi celah broadband yang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL (Digital Subscriber Line).
  • WiMAX akan menjadi pelengkap sekaligus sebagai penantang baru terutama terhadap teknologi wireless sekarang
  • Terget pasar baru bagi perusahaan yang menggeluti bidang nirkabel
  • Para produsen mikrolektronik akan mendapatkan lahan baru untuk dikerjakan
  • Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet.
  • WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas
  • Memiliki banyak fitur yang selama ini belum ada pada teknologi WiFi dengan standar IEEE 802.11
  • Dari segi coverage-nya saja yang mencapai 50 kilometer maksimal, WiMAX sudah memberikan kontribusi yang sangat besar

 

Kekurangan WiMAX:

  • Seperti terjadi dengan negara lain di dunia, maka pemerintah Indonesia pun belum menentukan frekuensi WiMAX yang akan digunakan. Kemungkinan besar vendor pertama kali membuat perangkat WiMAX di frekuensi 3,5 GHz. Sedangkan di Indonesia, frekuensi dimaksud juga digunakan untuk komunikasi satelit. Sehingga diperlukan penentuan range frekuensi yang tepat agar menguntungkan baik bagi operator, regulator maupun pengguna.
  • Harga peralatan infrastruktur yang masih sangat mahal
  • Teknologinya masih berkembang terus, sehingga bisa salah investasi.
  • Terlalu banyak jenis perangkat yang tidak saling kompatibel.
  • Dibutuhkan pengalaman yg selalu baru untuk memasang perangkatnya.
  • Peraturan yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini karena kalau produsen peranti WiMAX sudah membuat satu card PCMCIA atau berbasis USB dengan menggunakan standar WiMAX Nomadic, perantinya akan mudah didapat di mana saja.

 

 

 

D. WiBro

WiBro merupakan kependekan dari Wireless Broadband, Teknologi pendatang baru yang siap menyaingi keunggulan dari WiMAX. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Wibro. Wibro dipancarkan pada frekuensi 2.3 GHz,Wibro mengakses internet broadband keberbagai perangkat  contohnya Ponsel, PDA, computer notebook. Awal mula muncul Teknologi ini dari Korea Selatan.Teknologi ini dikembangkan dan diperkenalkan oleh industri telekomunikasi Korea, Vendor telekomunikasi yang sudah menggunakan teknologi WIbro seperti Samsung dan LG. WiBro menggunakan teknologi TDD (time divison duplex) untuk mengantarkan dua koneksi atau lebih dalam satu.

WIbro telah mendapatkan sertifikasi dari Wimax forum dengan kata lain ”Licensed band”. WiBro membedakan kecepatan aksesnya pada sistem perangkat bergerak (mobile) dan fixed (tetap). Akses teknologi ini masih dapat diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 km/h dan dapat mengirim data pada rentang 30 sampai 50 Mbps dan menjangkau wilayah hingga radius 1-5 kilometer dgnkemampuan mengakses data dengan kecepatan uplink 1 Mbps,  kecepatan downlink 3 Mbps

Peninjauan tentang  WIbro:

Mobilitas:

  • Menerima akses data dapat diterima dalam kendaraan berkecepatan 60 km/h, 120 km/h
  • Penampilan atau interface tetap baik ketika dalam keadaan bergerak(dapat berpindah-pindah dalam pengaksesan)

IP

  • Mudah digunakan dengan intenet dunia
  • Pembagian terminal mencakup : PDA,Ponsel,computer notebook,PMP,PC,dll.

Broadband

  • 1Mbps per user
  • Kapabilitas upload broadband

 

Servis pada WIbro

General

  • Web browsing
  • Download file
  • Home networking

            Contoh:

 gambar 6

Perdagangan,pemasaran dan keuangan

  • M-commerce
  • Mobile banking
  • iklan
  • Keuangan,agen servis lapangan
  • Biz solusi,

 

        Contoh:

gambar 7

 

Informasi

  • Telematics: informasi perjalanan lalu lintas dan mencari lokasi
  • Emergency dan keamanan
  • Berita dan info
  • Mengetahui Jarak
  • Pengecekan databsae/pengupdate-an database

Hiburan

  • VoD,MoD,AoD
  • Real-time streaming broadcast
  • Blog mobile
  • Pesan multimedia
  • 3D network game

Jaringan Arsitektur WIbro

gambar 8

Figure 4 google.co.id

Keunggulan WIbro:

  • Memiliki kecepatan internet yang sangat tinggi didalam ruangan maupun diluar
  • Penyediaan spectrum untuk pemakaian yang maksimum dan   spesifikasi spektrum yang jelas, sehingga tidak membingungkan bagi pihak yang akan menyelenggarakan teknologi.
  • Service coverage yang sangat luas
  • Pengurangan biaya perbit lebih murah
  • Tranmisi data lebih cepat
  • Menjelajahi atau mengakses pada seluler dan WLAN

 

Pembangunan kedepan untuk WIbro:

  • Pengaksesan dunia atau biasa disebut global roaming
  • Servis coverage (servis daerah)
  • Pengembangan agar menjadi lebih baik pada QoS
  • Dukungan mobilitas tinggi
  • Lebih menigkatakan kapsitas yang ada
  • Optimum rate date & tampilan

Lebih meningkatkan efisiensi spectrum(10bps/Hz/cell)

Transfer data mencapai 100Mbps

MIPV6 fast handover

Mobilitas mencapai 150km/h

MIMO dan smart Antena system

E. WiMax VS WiBro

Telah dibahas tentang WImax dan Wibro, sesuai dengan judul maka akandibahas perbandingan antara WImax dan Wibro.

Dari sini dapat dilihat perbedaan dari kedua teknologi tersebut.

 

Perbandingan WiMax WiBro
Physical Layer TDD/FDD, OFDM

 

TDD, OFDMA
Mobilitas Statis(tidak bisa berpindah-pindah) 60 Km/h
Tx Rate 70 Mbps 60 Mbps
Cover Area Maksimum 50 KM 1-5 KM
Standarisasi IEEE 802.16a-e IEEE 802.16e
Stationary (terminal) PDA PDA, Notebook,Desktop,PC, SmartPhone.
receiver Akses video streaming,data. video streaming atau data lainnya dengan tingkat kestabilan yang lebih baik
Frekuensi yang digunakan menyerahkan penerapan frekuensi pada pihak penyelenggara setempat. 2.3-2.4GHz

Frekuensi telah ditetapkan dengan kata lain frekuensi tetap tidak berubah ubah

Tariff Masih relative mahal Relative murah

 

F. Kesimpulan

Dilihat dari hasil pembahasan diatas banyak sekali perbandingan yang ada pada kedua teknologi tersebut, sehingga dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

Semakin hari perusahaan berlomba-lomba berusaha menciptakan akses internet yang berteknologi  mutakhir, banyak sekali teknologi akses internet yang memperkenalkan keunggulannya tapi dengan majunya zaman manusia ingin lebih menggunakan teknologi internet yang mempunyai keunggulan lebih baik.Dari berbagai jenis, WImax dan WIbro salah satu teknologi yang sedang berkembang dan hangat diperbincangkan oleh pegiat TI, internet dan kelompok orang yg haus akan informasi.

Saat ini pengaruh WIbro sangat besar sekali dibandingkan WImax tapi bukan berarti WIbro lebih dipilih ketimbang WImax. Ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan seseorang untuk memilih teknologi yang ingin digunakannya.

Terdapat kelemahan atau kekurangan WImax yang dapat ditutupi oleh WIbro. Saat ini Wibro belum dapat dicari titik kelemahannya karena teknologi ini baru muncul. Kekurangan,kelebihan kedua teknologi tersebut dapat dilihat dari pembahasan diatas.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

  1. www.wimax.htm /20 des2008
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/WiBro/ 20 december 2008
  3. http://www.wisegeek.com/what-is-wibro.htm / 20 desember 2008
  4. http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080911024122AAmGm8q / 20 des 2008
  5. www.WiFi_VS_WiMAX.htm / 01 jan 2009 .

 

Iklan