akhirnya ketemu juga…

entah dari mana sumbernya.. pas cari lagi di google ngilang… malah ketemu yg agak ribet SWT

siapapun sumbernyaa….. terimakasih

(salah satu contoh programnya juga pccontrol.wordpress.com)

OK klo gt langsung aja buat.. perlu dua Form.. untuk nambahin form pernah q catet disini

nah buat tampilan seperti ini

tampilan awal untuk form1 dan form2

ok pertama utak atik dulu form1…

nah pertama doble klik button1 lalu kitik kode ini

//=========================================

string kiriman;

kiriman = textBox1.Text;

Form2 page2 = new Form2(kiriman);

page2.Show();

//=========================================

nah… variable “kiriman” digunakan untuk menyimpan nilai yg mau dikirim

nah baris ke-3 digunakan untuk mengirim variable “kiriman” ke Form2

page2.Show(); digunakan untuk menampilkan Form2

nah skarang koding untuk “Form2″… “view code” Form2 ..(bisa dengan cara klik kanan Form2 lalu klik “View Code” atau cari lambangnya di Solution Explorer)

nah buat method na..

//=======================================

public Form2(string terima)

: this()

{

textBox1.Text = terima;

}

//=======================================

nahh method ini klo dilihat punya nama yg sama dengan class nya (Form2)…itu merupakan salah satu ciri dari konstruk… ya untuk penjelasan lebih lengkap liat di google ya weeekkk

OK…. “String terima” .. berguna seperti kotak pos yang menerima kiriman nilai dari Form1…

dalam method variable yang masuk ke variable “terima” akan dimasukkan ke textBox1.. 

 

nah method na bisa ditaro seperti contoh dibawah

koding form2

nah tinggal di run deh…. masukkan kalimat atau apapun di form1… lalu klik button… dan langsung muncul form2

sekian terimakasih

FULL CODE

//Form1 ===========================================

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace transferdata
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }
        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            string kiriman;
            kiriman = textBox1.Text;
            Form2 page2 = new Form2(kiriman);
            page2.Show();
        }
    }
}

//================================================

FULL CODE

//Form2===============================================

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace transferdata
{
    public partial class Form2 : Form
    {
        public Form2()
        {
            InitializeComponent();
        }
        public Form2(string terima)
            : this()
        {
            textBox1.Text = terima;
        }
    }
}

//====================================================

Iklan