Pernah gak isi nomer seri waktu menginstall program??

ada sekitar 5 kotak.. yg tiap kotak diisi dengan lima huruf…

Nah… pernah gak perhatiin klo sudah, biasanya, 5 huruf.. fokus na langsung pindah ke kotak selanjutnya… yaaaa mungkin hal sepele tp membuat saya penasaran… lg pula sangat membuat nyaman bagi user..

jadi setelah iseng + ga sengaja… q nemu soal “.Focus” hmmmm… setelah dicoba ternyata ga terjadi apa2..

setelah nyari di google dapet deh link ini stackoverflow dapet deh pencerahan

OK pertama buat tampilan seperti ini

ActiveControl

 

nah… tiap button akan memindahkan fokus dari tiap testbox heheh jadi jika button3 ditekan maka fokus akan pindah ke textbox3 … fokus itu gmn?? nah buat aja dlu program na.. gampang kok

doble klik button1  trus masukin kode ini…

//======================================

ActiveControl = textBox1;

//======================================

lalu button2

//======================

ActiveControl = textBox2;

//======================

dan terakhir button3

//======================

ActiveControl = textBox3;

//======================

 

nah klo udah semua tinggal di RUN deh… terimakasih

FULL CODE

//=====================================================

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace dotFocus
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }
        private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)
        {
          
        }
        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            ActiveControl = textBox1;
        }
        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            ActiveControl = textBox2;
        }
        private void button3_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            ActiveControl = textBox3;
        }
    }
}

//=====================================================

Iklan