Nah … Post pertama tentang Adobe Illustrator

OK..  langsung aja

Yg paling pertama dan yang paling dasar tentunya… Selection Tool dan Direct Selection Tool

Selection Tool Adobe Illustrator

Yg warna item Selection Tool dan yg putih Direct Seletion Tool

Ok langusng aja praktekkan.. pertama bikin kotak dlu dengan Rectangle tool seperti di gambar 2 (yang gambar kotak itu)

Rectangle tool

Nah gambar deh kotak… ada 2 cara… dengan sekali KLIK atau dengan drag

Klo dengan klik.. kita bias atur ukurannya dengan memasukkan panjang dan lebarnya seperti ini

membuat kotak dengan adobe illustrator rectangle tool

Klo dengan cara Drag… kita mengukur kotak secara visual… coba aja … klik.. tahan lalu geser ke pojok kanan bawah…

Nah gmn klo setelah kotaknya jadi… ternyata kurang panjang atau masih belum sesuai… ada beberapa cara untuk mengeditnya (setau saya :p)

klik Selection Tool lalu klik kotak tadi maka akan muncul beberapa kotak kecil pada kotak seperti ini

gambar kotak

Klik yang dikotak merah dan geser ke kanan… klik setelah mouse nya berubah jadi tanda panah kiri kanan.

membuat kotak step adobe illutrator

Nah itu yg pertama…. Slain kita bias klik sambil menekan tombol Shift. Dengan cara ini… kita bisa memperbesar kotak dengan tetap menjaga skala dari kotak tersebut…

Jadi klo awalnya persegi, waktu diperbesar akan tetap jadi persegi.. ga akan terlalu lebar ato terlalu tinggi.. (yg kotak merah adalah bagian yang saya klik dan drag)

gambar persegi

Selain sambil menekan Shift… bisa juga dengan menekan Alt untuk memperbesar atau memperkecil kotak … hanya saja.. dengan menekan alt kita bisa memperlebar sisi kiri sekaligus sisi kanan (kalau sisi kiri atau kanan yang kita drag) nah contohnya seperti ini.

buat persegi panjang adobe illustrator Selection Tool

OK.. skarang coba arahkan kotak disekitar sini

adobe Illustrator memutar gabar kotak Selection Tool

Sampai kursornya berubah jadi kek gini (karna ga bisa di print screen jadi q gambar aja -_-)

memutar gambar adobe illustrator selection tool

Nah segera klik lalu kita bisa putar deh kotaknya

sudah diputar selection tool

kita jg bisa memutar sambil menekan Shift jg sehingga gambar akan berputar secara teratur (45 derajat, 90 derajat, 135, 180 dan seterusnya ampe jungkir balek).

Weewwww ternyata banyak juga yaa guna selection tool ini klo di paparkan.. kirain dikit

Klo gitu Direct Selection Toolnya mending dibuat di tempat terpisah hahahha

Tp ya coba aja mumpung udah punya kotak

Nah klik kotak tadi dengan Direct Selection Tool, kemudian klik sekali kotak biru kecil yang saya tandai (kotak merah), dalam hal ini kotak kecil manapun sih boleh aja tapi supaya sama dulu heheh,.. nah kemudian klik dan tahan lalu tarik… hasilnya seperti dibawah

Direct selection tool

Sekian Sharenya makasiiihhhhh ^_^

Iklan