Belajar AppInventor, Menggunakan Button, TextBox, Label

hmmm jadi teringat post q tentang C#… tp sudah lah..

nah disini q memakai AppInventor2, yg pertama katanya dalam beberapa bulan akan pindah juga ke versi 2 ini.. jadi skalian saja, toh ga jau beda….

nah hal pertama yg akan dicatat dan paling sering dipakai (menurut pengalaman sih gt) tentang penggunaan Button, TextBox dan label pada AppInventor

skenario dari program ini adalah.. mengkopi apa yang ditulis pada TextBox ke dalam Label.. gampang kan~~~ jadi langsung saja

pertama buat tampilas seperti ini

Tampilan AppInventor2

nah kalo sudah….

klik di sudut kanan atas button “Blocks” …. disitu tempat bikin koding na..

lalu buat deh kode hingga bentuk na jadi seperti ini~~

AppInventor Blocks

nah loh… itu dapet na dari mana…?? kok bisa gitu?? artina apaan??

woke skarang akan dijelaskan…

nah seperti yg q bilang td… disini saya akan membuat aplikasi yg mengkopi apa yg ditulis pada textbox

jadi nilai pada “textBox” akan dipindahkan ke dalam “label” ketika “Button” ditekan

klo di rumusin pake algoritma jadi seperti ini

//=========================================

jika (button ditekan) maka

{

label = textBox

}

//=========================================

nah trus gmn koding na klo pake gambar2 gt… yaaa awal2 agak aneh sih.. tp klo dah terbiasa gampang kok..

ingat yg q bilang td?? “nilai pada “textBox” akan dipindahkan ke dalam “label” ketika “Button” ditekan”

jadi pertama kita mengambil nilai dari textBox dengan cara seperti gambar ini

AppInventor TextBox.Text

nah lambang yg di kotak merah adalah lambang nilai atau gampangnya mengambil nilai. (yaahh gt lah kira2 hahaah)

nah kembali ke alur… setelah mengambil nilai dari textBox, nilai akan dimasukkan ke dalam Label

jadi skarang adalah menyiapkan label untuk menampung na

AppInventor Label

nah kalo sudah dinggal dipasang deh kek gini…. ehhh sebelum lupa.. yg di kotak merah bagian kanan seret saja ke tengah untuk memakai na ==”

Gabung Label + textBox

dengan begini nilai pada TextBox… akan tertampung ke dalam Label 

balik lagi ke alur…  even ini (memasukkan nilai TextBox ke Label) akan terjadi bila button ditekan…
maka lakukan hal ini

Button1.Click

nah masukkan Button1.Click ke dalam lalu tinggal digabungkan seperti gambar yg diatas td… atau lbih gampang na q pasang lg deh

AppInventor Blocks

nah beres deh… trus tinggal di RUN deh dengan cara

Run Appnventor

hasilna~~~ ya coba aj sendiri…. klo misalnya error komen aja.. atau coba cek dah download dan instal program untuk emulator dan USB na ga?? klo belom bisa download disini (http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/setup)

atau bisa di download program na dengan klik Build –> App (Save to My Computer)….  ga tau letak Build na.. coba priksa gambar diatas tuuu~~ dah ada

nah sekian deh catatan q terimakasih 

Iklan