link ini menuju Reion3Note.musicblog.com, blog q yg laen jd tenang aja

hmmmm . . . yg ini cukup sulit..

yaaaa walau tugasnya sederhana tp cukup sulit untuk menggunakan tool ini
(antara sulit dan tidak biasa ==”)

tp berhubung tidak ada blog indo yg bahas soal ini (sepencarian di google :p) jadi q buat aja..

langsung aja praktek.. pertama buat dulu tampilan seperti ini

scrollbar

yg diperlukan antara lain 2 buah textBox (yg paling atas itu) dan 1 hscrollbar

hScrollBar bisa diambil disini:

scrollbar2

kalo udah

nah textBox1.. yg paling atas.. gunanya untuk melihat nilai pada saat hScrollBar di gerakkan…

nah.. textBox2 . . . akan dipindah pindah posisinya…

ok…. doble klik Form1 lalu ketik kode ini

//=============================================================================

hScrollBar1.Maximum = 100;
hScrollBar1.Value = 0;
hScrollBar1.Minimum = 0;
hScrollBar1.ValueChanged += new EventHandler(hScrollBar1_ValueChanged);

//=============================================================================

kalimat pertama untuk memberi nilai maksimum yang dimiliki hScrollBar (seharusnya begitu)

kalimat ke dua adalah nilai awal hScrollBar

kalimat ketiga untuk menentukan nilai minimum hScrollBar

sementara kalimat ke empat.. adalah melakukan pemanggilan pada method “hScrollBar1_ValueChanget” jika terjadi perubahan nilai atau bisa dibilang saat menggerakkan hScrollBar

moga memang method namanya.. q lupa kwkwkwk

nah… lalu dibawah method Form1 kita buat method “hScrollBar1_ValueChange”

//============================================================================

void hScrollBar1_ValueChanged(object sender, EventArgs e)
{
textBox2.Location = new Point(hScrollBar1.Value,64);
}

//============================================================================

kode dasarnya adalah:

textBox2.Location = new Point(x,y);

X = letak dari sisi kiri ke kanan

Y = letak dari sisi atas ke bawah

nah nilai “X” diganti dengan nilai pada “hScrollBar1” sehingga.. posisna akan berubah ke arah samping sesuai dengan nilai pada “hScrollBar1”

sementara nilai “Y” dibiarkan saja dulu

Nah sebenernya nilai apa yg terkandung pada “hScrollBar1″??

untuk melakukan pengecekan…. kembali ke tampilan… lalu klik 2 kali hScrollBar1 lalu masukkan code berikut

//======================================================================

textBox1.Text = hScrollBar1.Value.ToString();

//======================================================================

lalu tinggal diliat hasilnya pada textBox1 ^_^
ehhh lupa… seharusnya kode ini juga berlaku untuk vScrollBar..  ya logika na sih gt

segitu aja kek na catatan hari ini.. semoga membantu.. dah programna jalan ==”

klo artikel diatas membantu… tolong bantu aq jg dengan klik link ini ya ~~ (dont worry, link nya ga aneh2 kok… dijamin :p )

see ya

FULL CODE.. jangan lupa hati2 dengan namespace na

//=======================================================================

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.ComponentModel;

using System.Data;

using System.Drawing;

using System.Linq;

using System.Text;

using System.Windows.Forms;

 

namespace scroll

{

    public partial class Form1 : Form

    {

        public Form1()

        {

            InitializeComponent();

        }

        private void hScrollBar1_Scroll(object sender, ScrollEventArgs e)

        {

            textBox1.Text = hScrollBar1.Value.ToString();

        }

        private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)

        {

            hScrollBar1.Maximum = 100;

            hScrollBar1.Value = 0;

            hScrollBar1.Minimum = 0;

          hScrollBar1.ValueChanged += new EventHandler(hScrollBar1_ValueChanged);

        }

        void hScrollBar1_ValueChanged(object sender, EventArgs e)

        {

            textBox2.Location = new Point(hScrollBar1.Value,64);

            //throw new NotImplementedException();

        }

    }

}

//=======================================================================

Iklan