THX for Tejo atas file2 nya tentang notepad

openFileDialog dan saveFileDialog

untuk menjelaskan dua tools ini sangat mudah..

punya Microsoft word..

coba ini “File –> Open” akan ada tampilan dimana kita bisa memilih file untuk dibuka… itulah openFileDialog

lalu coba “File –> Save As”  akan ada tampilan untuk save file… itulah saveFileDialog

untuk gampang nya…. Coba saja buat program  seperti ini..

 

jangan lupa drag and drop openFileDialog dan saveFileDialog ke dalam form…

Untuk Button1… masukkan kode ini:
openFileDialog1.ShowDialog();

Untuk button2 masukkan kode ini:
saveFileDialog1.ShowDialog();

Lalu tinggal di RUN saja… coba tekan button1 atau button2..

Nahhh…… tp rasanya kurang klo hanya segitu saja.. harusnya ada file yg disimpan atau dibuka…

Baiklah klo gt kita akan buat notepad sederhana

Caranya??
Tentu sederhana.

Pertama buat tampilan seperti ini

Disini.. tools yg digunakan adalah

1. menuStrip

2. openFileDialog

3. saveFileDialog

4. Ups dan hampir lupa sebuah TextBox

. . . . sesuaikan semua urutan menu strip na…. Supaya sesuai dengan kode yg akan saya tulis di bawah..

eiiitttt namespace na tolong sesuaikan dengan namespace program kalian…. ingat… sesuaikan

//=========================================================================

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.ComponentModel;

using System.Data;

using System.Drawing;

using System.Linq;

using System.Text;

using System.Windows.Forms;

//tolong ditambahkan

using System.IO;

namespace NotePad

//samakan nama “namespace” dengan namespace di progam mu… jadi sebelum copi paste.. catat dlu nama “namespace” mu

{

publicpartialclassForm1 : Form

{

public Form1()

{

InitializeComponent();

}

string namaFile = “”;

privatevoid newToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)

{

textBox1.Clear();

namaFile =“”;

}

privatevoid openToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)

{

openFileDialog1.Filter =“txt files (*.txt)|*.txt|All files (*.*)|*.*”;

openFileDialog1.FilterIndex = 2;

//openFileDialog1.RestoreDirectory = true;

//ternyata ga error…. kode diatas nie boleh ditambahkan

//disini kegunaan OpenFileDialog… untuk menampilkan dialog

openFileDialog1.ShowDialog();

namaFile = openFileDialog1.FileName;

//dengan menggunakan using System.IO;..

//kita dapat menggunakan kata “FIle” dibawah ini

textBox1.Text =File.ReadAllText(namaFile);

}

privatevoid saveToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)

{

if (namaFile != “”)

{

//menunjuk file yg akan di save

System.IO.StreamWriter SaveFile = new System.IO.StreamWriter(namaFile);

//menulis perubahan yg kita tulis di textBox1 ke file

SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);

//close proses.. biar ga error heheh

SaveFile.Close();

}

else

{

MessageBox.Show(“silakan saveAs dulu..”);

}

}

privatevoid saveAsToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)

{

saveFileDialog1.Filter =“txt files (*.txt)|*.txt|All files (*.*)|*.*”;

saveFileDialog1.FilterIndex = 2;

saveFileDialog1.RestoreDirectory =true;

//Open SaveFileDialog

DialogResult pilihan = saveFileDialog1.ShowDialog();

if (pilihan == DialogResult.OK)

{

//menunjuk file yg akan di save

System.IO.StreamWriter SaveFile = new System.IO.StreamWriter(saveFileDialog1.FileName);

//menulis perubahan yg kita tulis di textBox1 ke file

SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);

//menyimpan nama file… supaya program tau klo file nie dah disimpan atau belum

namaFile = saveFileDialog1.FileName;

//close proses.. biar ga error heheh

SaveFile.Close();

}

else

{

MessageBox.Show(“alealeaelaelaelale”);

}

}

}

}

//==================================================================================

Ok saatnya penjelasan….. untuk “using System.IO”

. . . . . coba aja hilangkan dan lihat apa yg terjadi… hhehehehe

Variable “namaFile” digunakan untuk menyimpan nama dari file… sehingga pada saat save (bukan saveAs) kita ga perlu ketik nama file lg… penggunaan lebih jelas ada di “saveToolMenuStrpItem_Click”

coba lihat openToolStripMenuItem

3 baris awal ada yg bertuliskan filter-filter itu… Rokok?? Bukan lah….

Gampangnya lihat gambar ini

Ini juga berlaku pada saveFileDialog (untuk “restroreDirectory” aq ga ngerti )

Untuk penjelasan lainnya.. sudah ditulis di program….. slamat mencoba

//NB… ada sedikit error ehhh… Bug tepatnya.. tp tidak masalah… jika terjadi error tulis di pesan

 

Iklan